INKONTINENSIA ALVI PADA LANSIA PDF

Lansia mengalami kemunduran atau perubahan morfologis pada otot yang menyebabkan . Prevalensi IU secara signifikan (p pada populasi usia lanjut LUTS, batuk kronis, dan inkontinensia alvi memiliki efek paling. Pendahuluan: Insiden jatuh pada lansia menjadi masalah serius bagi pasien rawat inap yang dengan keterbatasan aktivitas. . Gangguan eliminasi ( inkontinensia, nokturia, frekuensi eliminasi) .. eliminasi alvi sebagai dampak pemberian.

Author: Yozshumi Shakataur
Country: Georgia
Language: English (Spanish)
Genre: Art
Published (Last): 3 January 2009
Pages: 11
PDF File Size: 13.69 Mb
ePub File Size: 6.67 Mb
ISBN: 482-6-60279-344-1
Downloads: 27737
Price: Free* [*Free Regsitration Required]
Uploader: Tugrel

Perjalanan saraf tersebut yang melalui dasar panggul membuatnya rentan untuk mengalami cidera regangan, terutama pada saat melahirkan 9 pervaginam. Secara klinis, inkontinensia alvi dapat tampak sebagai feses yang cair atau belum berbentuk dan feses keluar yang sudah berbentuk, sekali atau dua kali sehari dipakaian atau tempat tidur. Bagian tunggul otot sfingter yang robek ditautkan.

Anus adalah tabung muskuler dengan panjang cm, yang saat istirahat membentuk sudut dengan sumbu rektum. Tujuan Umum Untuk mengetahui dan memahami lebih dalam lagi yang dimaksud dengan inkontinensia alvi dan untuk mendapatkan gambaran umum secara teoritis konsep dasar, asuhan keperawatan pada klien dengan inkontinensia alvi. Untuk mengetahui penatalaksanaan inkontinensia alvi. Eliminasi fecal atau defekasi merupakan proses pembuangan metabolisme tubuh yang tidak terpakai.

Kesimpulan Inkontinensia alvi merupakan hilangnya kemampuan otot dalam mengontrol pengeluaran feses yang melalui sfinkter anus akibat kerusakan sfinkter. Stimulasi Listrik Arus listrik dialirkan pada anal kanal untuk stimulasi kontraksi otot.

Ini adalah saraf campuran yang berfungsi sebagai saraf sensorik dan motorik. Anus normalnya tertutup karena aktivitas tonik dari sfingter ani interna dan barier tersebut diperkuat oleh sfingter ani eksterna saat berkontraksi secara volunter.

Inkontinensia urin – [PPTX Powerpoint]

Barium enema dapat menyebabkan konstipasi Kondisi patologis Iritan Pemeriksaan Penunjang Pemeriksaan peninjang untuk menegakkan diagnosis inkontinensia fekal antara lain: Saran Agar supaya terhindar dari masalah defekasi seperti inkontinensia feses, sebaiknya mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat seperti buah-buahan dan sayuran.

  ARMONIA TRADICIONAL HINDEMITH PDF

Kontraksi yang terus menerus dari sfingter ani interna, berperan penting untuk mengontrol feces yang cair. Angka kejadian inkontinensia alvi ini lebih sedikit dibandingkan pada kejadian inkontinensia urin.

Serabut saraf dengan selubung mielin dan yang tidak berselubung mielin berada berdekatan dengan mukosa rektum, submukosa dan pleksus myenterikus. Seiring dengan meningkatnya angka kejadian inkontinensia urin, maka tidak menutup kemungkinan akan terjadi pula peningkatan angka kejadian inkontinensia alvi.

Bagaimana etiologi inkontinensia alvi? Saraf- saraf tersebut berperan dalam sensasi distensi dan regangan dan memediasi respon untuk relaksasi serta kontraksi visero-viseral dan ano-rektal. Pola defekasi bersifat individual, bervariasi dari beberapa kali sehari sampai beberapa kali seminggu.

Fluoroscopy hanya memberikan informasi terhadap anatomi serta fungsi dari jaringan lunak dan otot pelvis. Adapun kebutuhan merupakan suatu hal yang sangat penting, bermanfaat, atau diperlukan untuk menjaga homeostasis dan kehidupan itu sendiri. Pada beberapa penderita dengan rembesan feces, insersi sumbat anus yang terbuat dari wol kapas terbukti bermanfaat. Riwayat lingkungan hidup Meliputi tipe rumah, jumlah tongkat di kamar, kondisi tempat tinggal, jumlah orang yang tinggal dalam 1 inkontinensiz, tetangga terdekat dan bagaimana pola interaksi dengan tetangga.

Jnkontinensia yang dikelurkan orang dewasa selama 24 jam yaitu liter flatus dalam usus besar. Akan tetapi bantuan sfingter ani eksterna ini sangat terbatas, karena otot ini akan menjadi lelah dalam waktu 60 menit kemudian. Massa feses yang tidak dapat keluar ini akan menyumbat lumen bawah dari anus dan menyebabkan perubahan dari besarnya sudut ano-rektal. Keadaan ini mungkin dipermudah dengan adanya perubahan berkaitan dengan bertambahnya usia dari proses kontrol yang rumit pada fungsi sfingter terhadap feses yang cair, dan gangguan pada saluran anus bagian atas dalam membedakan flatus dan feses yang cair broklehurst dkk, Penyebab yang paling umum dari diare pada lanjut usia adalah obat — obatan, antara lain yang mengandung unsur besi, atau memang akibat pencahar inkonfinensia dkk, Askep Isk Askep IskDeskripsi lengkap.

  LIBRO DERECHO ROMANO SABINO VENTURA SILVA PDF

Perubahan pada defekasi dapat menyebabkan masalah pada gastrointestinal dan bagian tubuh lain, karena sisa-sisa produk usus adalah racun. Proses normal dari defekasi melalui reflek gastro-kolon.

Anatomi dari anal kanal dan rektum menunjukkan mekanisme fisiologis penting bagi kontinensia serta defekasi. Etiologi Inkontinensia Alvi Penyebab utama timbulnya inkontinensia alvi adalah masalah sembelit, penggunaan pencahar yang berlebihan, gangguan saraf seperti dimensia dan stroke, serta gangguan kolorektum seperti diare, neuropati diabetik, dan kerusakan sfingter rektum.

Sayangnya, karena berbagai faktor, banyak penderita tidak mampu mentolerir penggunaan jangka panjang dari alat ini.

Inkontinensia urin

Penyebab inkontinensia alvi dapat dibagi menjadi empat kelompok Brock Lehurst dkk, ; Kane dkk, Faktor Risiko Faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya inlontinensia fekal antara lain: Hal ini dapat berakibat inkontinensia alvi pada peningkatan tekanan intra abdomen dan prolaps dari rektum.

Inkontinensia alvi merupakan hal yang sangat mengganggu bagi penderitannya, sehingga harus diupayakan mencari penyebabnya dan penatalaksanaannya dengan baik. Status kesehatan Status kesehatan yang pernah diderita selama 5 tahun yang lalu, keluhan utama yag dirasakan sekarang yaitu ketidakmampuan menahan bab, dan diuraiaka secara PQRST, obat,obatan yang pernah diminum,status imunisasi dan riwayat alergi.

SITE To ensure the functioning of the site, we use cookies. Inkontinensia alvi akibat konstipasi a Obstipasi yang berlangsung lama dapat mengakibatkan sumbatan atau impaksi dari massa feses yang keras skibala. Inkontinensia fecal lebih jarang ditemukan dibandingkan inkontinensia urin.